Satuan Pemeriksa Intern

«

»

May 05

Pimpinan UIN Jakarta Berlomba Serahkan Laporan IKU Triwulan 1

SPI – Selepas triwulan 1 (Januari-Maret) 2017 ini, para Pimpinan Fakultas/ Biro/ Lembaga/UPT di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta disibukkan dengan pengumpulan laporan progress capaian kontrak kinerja indikator utama (IKU) triwulan 1 2017 yang harus dikumpulkan paling lambat pada tanggal 25 April 2017. Laporan ini disusun berdasarkan capaian atas kinerja mereka selama triwulan 1 2017 yang dibuktikan dengan data pendukung yang akan diuji keabsahannya.

Sebelumnya, pada tanggal 13 April 2017, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah mengedarkan surat bernomor Un.01/R/KU.00.1/1086/2017 tentang pengumpulan Progress Report Capaian IKU triwulan 1 Tahun 2017. Pengumpulan IKU secara progresif (triwulanan) dimaksudkan untuk mempermudah para pimpinan dalam memonitor capaian kinerja yang harus dipenuhi selama tahun 2017. Dengan melaporkan capaian secara triwulan, pimpinan dapat melihat dan mengevalusi sejauh mana capaian yang telah dihasilkan dan mengontrol agar capaian tahunan dapat dipenuhi secara maksimal.

Setiap progres IKU yang dilaporkan akan dievaluasi oleh Satuan Pemeriksa Intern (SPI) sebagaimana telah dimandatkan oleh Rektor, terkait dengan kesesuaian nilai capaian dengan data dukung. Proses evaluasi berupa kesesuaian format pelaporan dengan format yang ditentukan, keberadaan data dukung dan kesesuaian nilai capaian setiap IKU dengan data dukung yang dilampirkan. Apabila format atau data dukung tidak sesuai maka laporan akan dikembalikan kepada fakultas/unit pengirim untuk diperbaiki. Maka tak heran jika terdapat beberapa unit yang mengalami pengembalian 2 atau 3 kali sampai data dukung benar-benar sesuai dengan laporannya. Proses ini diperlukan agar klaim capaian setiap IKU dapat dipertanggungjawabkan dan diyakini keabsahannya.

Secara umum, nilai capaian IKU setiap fakultas/unit merefleksikan nilai kinerja Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Semakin tinggi nilai capaian IKU setiap unit, maka semakin tinggi capaian kinerja Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Karena nantinya, beberapa item capaian IKU fakultas/unit akan dikumpulkan dan dikonsolidasikan pada akhir tahun menjadi capaian IKU Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (husnul/rika)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>