Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Aug 01

PTKIN Favorit Masuk Daftar 4ICU

4icuJakarta (Pendis) – International Colleges & Universities atau 4ICU, 4icu.org, adalah suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 12.273 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Peringkat ini telah dipublikasikan sejak Mei 2005. Sejak itu metodologi penilaian telah diatur secara periodik untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Dalam penilaiannya 4ICU didasarkan pada algoritma dengan memasukkan 4 web metric independen dan objektif dari 3 search engine yang berbeda, yaitu : Google Page Rank, Alexa Global Rank, Majestic Referring Subnets dan Majestic Trust Flow. Mungkin kelemahan dari pemeringkatan ini dimana penggunaan webmaster tool yang baik bisa merubah posisi peringkat google rank dan alexa rank.

Langah penilaiannya adalah data metric dikumpulkan pada hari yang sama, sehingga tidak menimbulkan fluktuasi. Selanjutnya filterisasi untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain yang ada (data outliers). Kemudian Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi.

Setelah itu disaring maka dibuatlah skala 0 hingga 100 dengan bantuan Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank guna mempertimbangkan data yang telah disaring. Akhirnya, nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi.

Tujuan adanya 4ICU adalah memberikan peringkat popularitas universitas atau perguruan tinggi lainnya, dengan kualitas dan tingkat pelayanan yang berbeda dan juga membuat daya kompetisi antar universitas meningkat.

Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI berjumlah 55 (lima puluh lima) institusi. Namun ternyata menurut 4ICU, hanya 4 (empat) kampus yang masuk dalam catatan peringkatnya dari 414 (empat ratus empat belas) perguruan tinggi se-Indonesia (diambil per 29 Juli 2016).

Berikut Rangking PTKIN dibanding dengan peringkat kampus di Indonesia menurut 4icu.org :

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, peringkat 32
2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, peringkat 48
3. IAIN Antasari Banjarmasin, peringkat 62
4. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, peringkat 69

sumber: http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=8171#.V56gdqIdaEQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>