Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Feb 18

Peringkat Webometrics 2015 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Naik 14 Peringkat

SPI – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berada pada peringkat 20 versi webometrics di Indonesia pada februari tahun 2015 ini. Salah satu lembaga pemeringkat universitas di dunia ini menempatkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada posisi 20 nasional dan posisi 2294 untuk world rank. Dengan peringkat ini berarti UIN Jakarta naik 14 peringkat dari peringkat tahun lalu yang berada di posisi 34 nasional. Hal ini juga berarti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menempati peringkat 1 diantara perguruan tinggi agama islam negeri (PTAIN) lainnya seperti UIN Malang (27), UIN Walisongo Semarang (28). Lima besar nasional masih diduduki oleh Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya Malang, dan Institut Pertanian Bogor. Sementara untuk peringkat lima besar dunia diduduki oleh Harvard University, MIT, Stanford, Berkeley, dan Cornell University.

Dalam pemeringkatannya, webometrics menggunakan empat kriteria penilaian. Kriteria pertama adalah size (jumlah halaman tentang insitusi dan sivitas akademika yang dapat diperoleh melalui mesin pencari google, yahoo, live search, dan exalead. Kriteria yang kedua adalah visibility yakni jumlah total link eksternal yang unik dan dapat dijangkau mesin pencari, yang ketiga adalah rich files atau banyaknya file yang relevan dengan aktivitas akademik dan publikasi dalam format pdf, ppt, atau doc. Sedangkan yang kriteria terakhir adalah scholar atau jumlah paper dan kutipan tiap domain akademik berupa paper, laporan penelitian dan lainnya yang masuk dalam google scholar.

Lembaga yang berpusat di Spanyol ini rutin menilai semua universitas di dunia berdasarkan empat kriteria tersebut dan mengumumkannya melalui website dua kali dalam setahun, januari dan juli. Untuk tahun 2015 ini peringkat universitas berdasarkan webometrics ini baru dapat dirilis pada awal februari 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>