Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Mar 27

BP3IP Jakarta Studi Banding BLU ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ruang Meeting SPI РTepat pukul 10.00 WIB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapat tamu studi banding dari Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran atau biasa dikenal BP3IP Jakarta. BP3IP adalah salah satu lembaga diklat kepelautan milik pemerintah yang bergerak dalam pelayanan jasa  pendidikan pelaut sebagaimana yang tertuang dalam tugas pokok dan fungsi BP3IP berdasarkan KM 58 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja BP3IP dan berniat untuk terus menjadi penyedia jasa pendidikan kepelautan yang berkualitas  sebagaimana tergambar dalam visi, misi dan komitmen manajemen.

BP3IPLembaga yang berkantor di Sunter Jakarta Utara ini mengunjungi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rangka ‘pendalaman’ tentang tata kelola badan layanan umum (BLU). Rombongan BP3IP dipimpin oleh Bapak Boedojo Wiwoho (Kepala Bagian Keuangan dan Umum), bersama beliau terdapat Kepala SPI BP3IP Jakarta, Bambang Purnomo dan 11 pejabat lain BP3IP setingkat Kepala Bidang dan Kasubid. Sebagai catatan, BP3IP mendapat status badan layanan umum (BLU) sejak tahun 2010, selang 2 tahun setelah UIN Jakarta ditetapkan sebagai BLU Penuh.

Rombongan diterima oleh Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Drs. Subarja, MPd dan Kepala SPI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Drs. Abdul Hamid Cebba, MBA., CPA beserta segenap personil SPI. Kepala Biro PK, Subarja, mengatakan dalam sambutannya, “Semoga dengan studi banding ini kita satu sama lain dapat bertukar ilmu, saling memperkaya khazanah yang akan membawa masing-masing BLU kita menjadi lebih baik kedepannya.”.

Kepala SPI UIN Syarif Hidayatullah, Abdul Hamid Cebba mengatakan, “SPI UIN tidak hanya berfokus terhadap pengelolaan (audit) keuangan saja, tetapi kita juga melakukan audit kinerja” jawab pria kelahiran Toli-toli Sulsel ini atas pertanyaan Kepala SPI BP3IP Jakarta, Bambang Purnomo, tentang peran dan fungsi SPI. Wilda Farah, Sekretaris SPI menambahkan bahwa, “Karena kami tidak hanya dituntut untuk dapat melakukan audit keuangan tapi juga melakukan audit kinerja, maka kami para personil SPI dibiasakan untuk terus meng-update aturan-aturan serta ilmu pengetahuan baik tentang keuangan maupun non keuangan”.

Setelah diskusi berbagai macam aturan dan penerapan tata kelola keuangan BLU serta sistem manajemen strategis yang telah diterapkan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, acara ditutup dengan bertukar cinderamata dan berfoto bersama di landmark UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (red)

bp3ipjkt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>