Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Jan 04

SPI UIN JAKARTA MENGINIASI KEGIATAN AUDIT KOLABORATIF LPM DAN SPI PTKN

Dalam rangka meningkatkan Good University Governance di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, SPI UIN Jakarta mengadakan pertemuan antara SPI PTKN seluruh Indonesia dan LPM PTKN seluruh Indonesia. Menindaklanjuti arahan dari Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof Dr Suyitno menyatakan ada dua lembaga yang menjadi kunci utama dalam pengembagan mutu sebuah perguruan tinggi. Kedua lembaga itu adalah Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Satuan Pengawasan Internal (SPI).
Prof. Suyitno menjelaskan, LPM memiliki tugas untuk mengawal mutu suatu program studi (prodi), di antaranya soal akreditasi. Keberadaan LPM sangat penting karena mutu dan akreditasi program studi dapat menentukan berhasil tidaknya program internasionalisasi perguruan tinggi.
Mutu kedua yang penting bagi perguruan tinggi adalah pemberdayaan SPI, peran SPI harus lebih diberdayakan dalam mengawal pelaksanaan tata kelola administrasi keuangan dengan baik dan maksimal, mulai dari perencanaan, implementasi, pengawasan, dan evaluasi.
Jika peran SPI diberdayakan secara maksimal dan mengawal betul tata kelola administrasi keuangan, termasuk untuk Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, pimpinan pun tentu akan tidur nyenyak saat ada pemeriksaan internal dan bahkan eksternal.

Jadi kedua lembaga ini, yakni LPM dan SPI, harus benar-benar diberdayakan secara maksimal serta mampu mengawal mutu akreditasi prodi dan tata kelola keuangan perguruan tinggi.SPI UIN Jakarta mengisiasi kegiatan kolaboratif antara LPM dan SPI pada tanggal 10-12 November di Arosa Hotel Jakarta, hasil kegiatan kolaboratif ini telah menghasilkan 5 Pedoman, antara lain :
1. Pedoman Audit Kolaboratif IKU
2. Pedoman Audit Kolaboratif Renstra
3. Pedoman Audit Kolaboratif SPMI
4. Pedoman Audit Kolaboratif Risk Assesment
5. Pedoman Audit Kolaboratif RBA

Semoga dengan adanya kegiatan ini, LPM dan SPI semakin menjadi garda terdepan dalam memajukan PTKN (ZZ)