Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Jun 06

SPI UIN JAKARTA TERAPKAN SISTEM SHADOWING BERBASIS RISK MANAGEMENT.

Ketua SPI UIN Jakarta Bapak Abdul Hamid Cebba, MBA., Ak., CA., CPA dan team telah mengunjungi beberapa fakultas dalam rangka sosialisasi kegiatan konsultasi shadowing dan penilaian risiko, fakultas yang telah dikunjungi antara lain Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. SPI sebagai unit pengawas telah melakukan penilaian risiko pada fakultas dan unit yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimana penilaian risiko ini bertujuan untuk mengukur risiko yang di hadapi oleh fakultas dan unit sebagai Early Warning System dalam menjalankan Visi dan Misi Fakultas.
Adapun Risiko yang diukur diklasifikasikan menjadi 2, yaitu risiko berdasarkan jenis dan risiko berdasarkan aspek. Risiko berdasarkan jenis meliput risiko strategis, risiko manajerial, dan risko operasional. Sedangkan risiko berdasarkan aspek meliputi aspek pengelolaan anggaran, aspek manajemen SDM, aspek sarana prasarana, aspek teknologi informasi, dan aspek akademik.
Ada 12 kriteria yang dinilai dalam pengukuran risk management di fakultas, kriteria tersebut antara lain;
1. Persentase Kenaikan Penerimaan anggaran dari tahun sebelumnya ;
2. Persentase Dana Kerjasama;
3. Persentase Kelulusan Mahasiswa tepat Waktu;
4. Persentase Prodi yang mendapatkan penilaian Akreditasi A/Unggul;
5. Persentase Lulusan yang terserap di dunia kerja kurang dari 6 bulan;
6. Rasio mahasiswa yang diterima terhadap pendaftar ;
7. Pesentase Dosen bergelar Doktor;
8. Rerata Skor Nilai Publikasi Ilmiah
9. Persentase Dosen yang melakukan Publikasi di jurnal Nasional dan Internasional;
10. Jumlah Bulan Keterlambatan Realisasi Anggaran;
11. Persentase nilai piutang mahasiswa terhadap total penerimaan;
12. Rasio Dosen terhadap Mahasiswa.
Dari 12 kriteria tersebut dapat tergambar fakultas berada di tingkat risiko yang rendah, menengah atau risiko tinggi. Penilaian risiko ini diharapkan sebagai sistem yang dapat mengingatkan dan memberikan perubahan yang lebih baik untuk fakultas dan unit yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (ZZ)