Satuan Pemeriksa Intern

«

Jul 30

Gelar Webinar Nasional, SPI UIN Jakarta Mengangkat Tema Risk Management di PTKIN

UIN Jakarta, 30 Juli 2020 – Ditengah pandemi yang masih membayangi saat ini, SPI UIN Jakarta, yang dipimpin oleh Abdul Hamid Cebba, menggelar Webinar Nasional, dengan tema “Inovasi PTKIN dalam membangun Risk Management: Implementasi Audit Berbasis Resiko di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta”.

Kegiatan ini dihadiri oleh banyak SPI PTKIN dari seluruh penjuru Indonesia, mulai dari ujung barat yang diwakili oleh UIN Ar Raniry Banda Aceh hingga ujung timur yang diwakili oleh IAIN Sorong dan IAIN Papua. Turut berpartisipasi juga peserta dari luar PTKIN, seperti Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, Mahkamah Agung RI, dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kegiatan Webinar Nasional ini, dibawakan oleh MC muda yang energik, Eka Fitri Yanti, salah seorang auditor di SPI UIN Jakarta, dan dipandu secara langsung oleh moderator handal, Ahmad Afandi, Sekretaris SPI UIN Jakarta. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor II UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Rodoni, M.M.

Black Swan Theory, menjadi materi pembuka Abdul Hamid Cebba, sebagai Narasumber Pertama dalam Webinar Nasional kali ini. Beliau menyampaikan bahwa teori angsa hitam merujuk pada peristiwa langka yang berdampak besar, sulit diprediksi dan di luar perkiraan biasa. Pandemi covid saat ini dapat menjadi contoh nyata dari teori ini karena memiliki kriteria seperti, muncul secara mengejutkan dan berpengaruh besar bagi dunia. Dan juga dapat menjadi pelajaran penting bagi kita, karena pandemi covid ini termasuk risiko, sehingga kita harus siap terhadap risiko apapun yang akan datang, terutama bagi SPI di PTKIN agar dapat melakukan Manajemen Risiko secara tepat dan akurat.

Narasumber Kedua, Rezky Mehta Setiadi, membawakan materi tentang Implementasi Risk Management di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) di PTKIN berfokus pada Penilaian Risiko (Risk Assessment) dan kegiatan Penilaian Risiko dilakukan dengan melaksanakan Pengelolaan Risiko (Risk Management), hal ini selaras dengan KMA 580 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah pada Kementerian Agama.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan simulasi Risk Assessment salah satu Fakultas di UIN Jakarta, mulai dari menentukan kriteria Peristiwa Risiko hingga muncul Peta Risiko (Risk Mapping) untuk dilakukan Mitigasi atas Risiko yang ada. Dan kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab yang di sambut antusias oleh seluruh peserta.

Kepala SPI UIN Jakarta menyampaikan bahwa Webinar Nasional kali ini adalah langkah awal dari Webinar Series lainnya, yang tentunya dengan tema lanjutan atau tema lainnya, dengan harapan dapat membangun kualitas pengawasan melalui SPI di PTKIN secara Continuous Improvement. (mus)