Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Jul 06

Kunjungan Kerja Virtual: SPI UIN Jakarta Menyambut Hangat Kelahiran SPI Poltekesos Bandung

UIN Jakarta, 18 Mei 2020 – SPI UIN Jakarta menerima kunjungan kerja virtual dari SPI Poltekesos Bandung. Poltekesos Bandung merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Sosial RI yang menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV Pekerjaan Sosial dan Program Pascasarjana Spesialis Pekerjaan Sosial. Perubahan bentuk kelembagaan STKS Bandung menjadi Politeknik Kesejahteraan Sosial, memberi warna baru dalam struktur organisasi dengan hadirnya Satuan Pengawasan Internal (SPI).

Menjadi sebuah kehormatan bagi SPI UIN Jakarta menjadi menjadi tujuan pertama kunjungan kerja SPI Poltekesos Bandung, meski dilaksanakan secara virtual tetap tidak mengurangi esensi kegiatan ini. SPI Poltekesos Bandung berharap mendapatkan pengetahuan dan pengalaman mengenai pengelolaan SPI. SPI UIN Jakarta dinilai memiliki pelaksanaan fungsi SPI yang baik. Sebagai kampus berstatus Badan Layanan Umum (BLU), SPI UIN Jakarta  tidak lagi hanya melakukan pengawasan di bidang keuangan tetapi sudah meningkat pada pengawasan bidang kinerja.

Direktur Poltekesos Bandung, Marjuki, turut hadir membersamai kegiatan ini, menyampaiakan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Beliau berharap pertemuan ini bisa menjawab pengembangan dan penguatan bidang non akademik di Poltekesos Bandung. Sesuai materi yang disampaikan Kepala SPI, Abdul Hamid Cebba, bahwa keberadaan SPI harus mendapatkan dukungan dari pimpinan lembaga, apabla tidak akan berdampak pada tidak terlaksanaanya fungsi pengawasan secara optimal. Kepala SPI melanjutkan, bahwa SPI bisa berfungsi baik apabila sudah memiliki SPI Charter (Piagam SPI), sebagai dasar pelaksanaan tugas SPI. Selain itu SPI juga harus didukung oleh sumber daya manusia penuh waktu agar tugas SPI bisa dilaksanakan secara optimal.

Kunjungan kerja virtual ini akan di lanjutkan dengan kunjungan langsung SPI Poltekesos Bandung, karena semangat menimba ilmu yang tinggi tentang pengelolaan dan pengawasan di SPI UIN Jakarta. (mus)