Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Sep 13

SPI UIN Jakarta Menggelar Rapat Koordinasi Dengan Bendahara Pengeluaran

 

 

Diorama, UIN Jakarta – Dalam rangka pengawasan berkala pada pelaksanaan anggaran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, SPI melaksanakan rapat kordinasi dengan seluruh Bendahara Pengeluaran (BP) dan Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) dilingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara berlangsung di ruang Diorama Gedung Auditorium Harun Nasution pada 5 September 2019. Tujuan diadakannya rapat kordinasi ini adalah menghimpun segala informasi baik permasalahan yang muncul selama pelaksanaan kegiatan perbendaharaan keuangan negara maupun masukan sebagai bentuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 22 Bendahara Pengeluaran dari seluruh Fakultas, Rektorat dan unit kerja lainnya. Acara dibuka oleh Kepala SPI Drs. Abdul Hamid Cebba, MBA., Ak., CA., CPA. Yang menyampaikan bahwa kegiatan kordinasi dengan para Bendaharawan ini merupakan salah satu program utama di era kepemimpinan SPI sekarang ini. Hal ini mengingat bahwa betapa pentingnya peran dan fungsi bendaharawan dalam mengelola keuangan negara. Oleh karena itu, kiranya sangat penting bagi SPI mewadahi para Bendaharawan dalam menyampaikan permasalahan dan masukan terkait pengelolaan keuangan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sehingga segala permasalahan yang terjadi dapat segera mendapatkan solusi.

Dalam sesi sharing pada rapat kordinasi tersebut, diketahui terdapat setidaknya 11 permasalahan yang muncul dalam pengelolaan keuangan khususnya dalam pelaksanaan tugas-tugas kebendaharaan. 11 poin tersebut menjadi masukan bagi SPI untuk segera mencarikan jalan keluar melalui pembahasan ditingkat pimpinan. Kepala SPI sangat concern dalam menyikapi berbagai permasalahan yang muncul ini sehingga perlu menyusun action plan untuk proses penyelesaian ini. Hal ini dilakukan selain untuk menjaga stabilitas pelaksanaan pengelolaan anggaran tetapi juga agar menghindari potensi temuan dari pihak auditor eksternal. (rzk)