Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Jul 18

Kunjungan Kerja SPI Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan ke SPI UIN Jakarta

Rektorat – Pada hari Kamis 18 Juli 2019, SPI UIN Jakarta kedatangan kunjungan kerja (studi visit) dari SPI Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan. ATKP Medan sendiri merupakan salah satu Satker Eselon II dilingkungan BPSDM Kementerian Perhubungan RI, dimana SPI ATKP Medan baru resmi berdiri pada awal tahun 2019, sehingga dalam perjalanannya membutuhkan banyak input khususnya dalam pengelolaan operasional SPI baik dalam tugas-tugas audit maupun pengelolaan manajerial lainnya. SPI ATKP Medan saat ini diisi oleh Kepala, Sekretaris, 1 orang Staf Audit dan 2 orang staf administrasi audit.

Kedatangannya SPI ATKP Medan ke SPI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja/studi visit terkait pelaksanaan tugas-tugas SPI secara umum. Beberapa aspek studi visit SPI ATKP Medan di SPI UIN Jakarta adalah tentang Sejarah pendirian SPI, Struktur Organisasi, Pelaksanaan Manajemen Risiko, Ruang Lingkup Pengawasan, SDM SPI, hingga implementasi audit internal terhadap kinerja unit.

Seluruh Anggota SPI ATKP Medan diterima di ruang Meeting SPI Gedung Rektorat Lantai III. Proses berjalannya Studi Visit ATKP Medan dimulai dengan pembukaan oleh Sekretaris SPI, Rahmawati, SE., MM, kemudian penyampanyain maksud dan tujuan oleh Kepala SPI ATKP Medan Bpk. Elvis yang didampingi oleh Sekretaris SPI yakni Ibu Sari, kemudian selanjutnya Pemaparan oleh Kepala SPI Drs. Abdul Hamid Cebba, MBA, CPA tentang profile SPI, kemudian dilanjutkan oleh Kordinator Bidang Audit Kepatuhan dan Keuangan SPI Rezky Mehta Setiadi, SE., M.Ak yang memaparkan secara umum proses penyusunan PKPT berbasis implementasi Manajemen Risiko di lingkungan UIN Jakarta. Selanjutnya proses studi visit dilakukan dengan diskusi dan tanya jawab dengan seluruh anggota SPI UIN Jakarta. Acara ditutup dengan penyerahan cendramata dari SPI ATKP Medan kepada SPI UIN Jakarta dan sebaliknya. (rzk)