Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Dec 11

Jadi Universitas Kelas Dunia, PTAIN Perlu Otonomisasi

Syahida Inn, BERITA UIN Online—Untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi kelas dunia,  Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) perlu mendapatkan otonimisasi dari pemerintah. Dengan cara tersebut, perguruan tinggi tidak terjebak pada rutinitas birokrasi.

“Selain harus memperbaiki layanan akademik, infrastruktur, penelitian dan punya cita-cita yang berekas dunia,  untuk menjadi universitas berkelas kampus perlu diotonomkan,” ujar Wakil Rektor Bidang Pengembangan Lembaga Dr Jamhari pada International Conference bertajuk “Internationalization of Higher Islamic Education” di Syahida Inn, Selasa (10/12/2103).

Menurutnya, meski terdapat pro kontra tentang pengertian universitas kelas  dunia (Wordl Class University), di era global ini PTAIN harus tampil sebagai pusat kajian keilmuan dan keislaman.

Dijelaskannya, kondisi geopolitik negara-negara Arab dan Timur Tengah yang tidak kondusif, merupakan peluang bagi bagi UIN Jakarta sendiri. “Pusat-pusat studi Islam di sana sudah tidak aman, karena sering terjadi perang dan kerusuhan, konflik komunal. Kisruh politik di Mesir, Tunis,  Sudan, juga Pakistan yang sering terjadi konflik antarkelompok, kesempatan bagi Indonesia sebagai tempat tujuan studi Islam,” paparnya.

Namun, saat ini secara akademik, sarana-prasarana dan lain-lainnya, PTAIN di Indoensia belum ada yang siap. “Untuk kawasan Asia Tenggara, Malaysia dan Singapura yang siap menampung mereka,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Prof dr MK Tajuddin Sp (An), menegaskan,  otonomisasi PTAIN tidak akan terwujud, jika pengelolaan keuangan dan manajemennya sangat birokratis. “Manajemennnya harus diubah,” saran mantan Rektor Universitas Indonesia itu penuh semangat.

Konferensi yang dihelat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) ini dihadiri  sejumlah pejabat dan dosen dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Alaudddin Makassar, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, IAIN Surakarta, IAIN Ambon, dan lain-lainnya. Selain itu, hadir pula sejumlah dekan dan dosen UIN Jakarta. (D Antariksa/Saifudin)

sumber: http://uinjkt.ac.id/index.php/arsip-berita-utama/2664-jadi-universitas-kelas-dunia-ptain-perlu-otonomisasi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>