Satuan Pemeriksa Intern

«

»

Jul 10

Kepala SPI UIN Syarif Hidayatullah Menjadi Perwakilan Auditor di ISESCO untuk Indonesia

Islamic Educational, Scientific and Cultural Organization atau lebih dikenal dengan nama ISESCO adalah suatu organisasi internasional yang bertujuan untuk  melakukan pengembangan terhadap Negara-Negara Islam dalam bidang Pendidikan, Keilmuan serta Budaya.  Anggota ISESCO terdiri atas 52 negara dari berbagai benua, dari 52 negara tersebut di percaya 5 negara untuk menjadi Financial Control Committee (FCC) salah satunya adalah Negara Indonesia yang diwakili oleh Abdul Hamid Cebba (Kepala SPI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

 

Tugas dari FCC adalah :

  1. Memastikan implementasi anggaran telah sesuai dengan Program Prioritas yang telah ditentukan oleh Direktur sesuai dengan Peraturan Keuangan ISESCO dan kerangka yang telah ditentukan oleh Konferensi Umum dan Dewan Eksekutif;
  2. berkontribusi pada pengembangan aspek keuangan untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas;
  3. Mengawasi kontrol internal dan mengaudit pendapatan dan pengeluaran Organisasi;.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Komite Pengendalian Keuangan (FCC), Hamid Cebba hadir dalam pertemuan tahunan Komite Pengendalian Keuangan (FCC) Dewan Eksekutif ISESCO pada tanggal 10-13 Juni 2019. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Dr. Amina Al Hajri (Wakil Direktur Jenderal ISESCO), Bapak Youba Ould Cheikhna sebagai Ketua FCC (perwakilan Republik Islam Mauritania) dan anggota FCC lainnya yaitu Ahmad Muhammad Mezaal Al-Rikabi (perwakilan Republik Irak), Mubarak Nabeel Hussain Mattar (perwakilan Kerajaan Bahrain), Abdul Hamid Cebba (perwakilan Republik Indonesia) dan Mubarak Nabeel Hussain Mattar (perwakilan Kerajaan Bahrain) serta para kepala direktorat sektoral dan pusat-pusat khusus di Direktorat Jenderal ISESCO, Pengawas Keuangan ISESCO.

Dalam pertemuan tersebut membahas dan menindaklanjuti rekomendasi dari Komite Pengendalian Keuangan mengenai Laporan Keuangan (LK) 2017, membahas Laporan Keuangan 2018, Memeriksa Draft Komite Laporan Keuangan Audited untuk Tahun Buku 2018. (ys)